Kota Malang


Malang adalah salah satu kota yang terletak di Pulau Jawa, lebih tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Berada pada ketinggian 440-667 meter di atas permukaan laut membuat Malang menjadi salah satu kota yang dingin. Selain terkenal dengan sebutan “Kota Dingin”, Malang juga dikenal dengan sebutan “Kota Bunga” ataupun “Kota Pendidikan”. Sebutan-sebutan itu muncul karena Kota Malang sendiri merupakan kota yang subur dan juga memiliki peningkatan di bidang pendidikan yang sangat signifikan. Kota Malang juga kerap kali disebut “Kota Kuliner” karena banyaknya makananyang khasdari Malang.

                Salah satu kebudayaan yang terkenal di Kota Malang adalah Seni Topeng. Seni Topeng ini merupakan perpaduan dari 3 budaya yang ada di Malang yaitu Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger. Etnik masyarakat di Malang juga terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas, dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang, serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada Malang.

                Ada banyak ciri khas Kota Malang. Salah satunya adalah penggunaan bahasa yang hurufnya dibalik-balik yang sering disebut “Osob Kiwalan” , seperti contohnya “Malang” menjadi “Ngalam” ataupun “kopi” menjadi “ipok”. Tapi jangan salah, walaupun terlihat mudah ada beberapa kata yang jika dibalik tidak terbaca akan menjadi terbaca, seperti “teh manis” menjadi “the sinam”. Selain itu masyarakat di Malang juga dikenal ramah-ramah kepada pendatang baru ataupun turis asing.

Terima kasih~

Comments

Popular Posts